Realis Kegiatan DEI kelima KSEI Iqtishad Institute

Asslamu’alaikum warahmatullah hiwabarakatuh…
Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan didorong oleh semangat yang luar biasa dari kawan-kawan panitia serta didukung oleh berbagai pihak, akhirnya Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) Iqtishad Institute IAIN Imam Bonjol Padang berhasil melaksanakan kegiatan Diklat Ekonomi Islam (DEI) kelima pada tanggal 23-25 Desember 2011. Kegitan ini diikuti oleh empat puluh tiga peserta yang terdiri dari tiga jurusan, yaitu jurusan Ekonomi Islam 36 orang, jurusan Muamalah 6 orang, dan jurusan DIII Perbankan Syari’ah 1 Orang. Adapun tiga jurusan tersebut berada di Fakultas syari’ah IAIN Imam Bonjol Padang.

Pembukaan acara Diklat Ekonomi Islam (DEI) yang kelima ini dimulai pukul 14.00 WIB dan dibuka secara resmi pada pukul 15.00 WIB oleh dekan Fakultas Syariah IAIN Imam Bonjol Padang, yang diwakili oleh pembantu Dekan bagian Kemahasiswaan Bapak Drs. Ali Umar Ganti, M.Ag. Acara ini juga dihadiri oleh Komsat FoSSEI Sumatera Barat, saudara Kuliman harahap yang juga memberikan sambutan dalam pembukaan Kegiatan DEI kelima.

Selanjutnya Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi pertama dengan tema “Isu-isu Ekonomi Kotemporer” yang disampaikan oleh Bapak Huriyatul Akmal, SHI., M.Si. Materi ini sekaligus adalah materi terakhir di hari pertama pelaksanaan DEI kelima KSEI Iqtishad Institute IAIN Imam Bonjol Padang.

Kemudian pada hari kedua pelaksanaan DEI kelima diawali dengan penyampaian materi tentang “Lembaga Keuangan Mikro Syariah” yang disampaikan oleh pimpinan BMT At-Taqwa cabang Pasar raya Padang, Bapak Ismail Putra, SEI pada pukul 08.00 s/d 10.00 WIB. Berselang beberapa menit acara dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang “Perbankan syariah, teori dan praktek dan perkembangan perbankan syariah di Indonesia” yang disampaikan oleh Pimpinan bank Nagari Syariah cabang Kota Solok, Bapak Rifka Abadi, SE.,MM. Materi yang disampaikan oleh Bapak Rifka Abadi ini selanjutnya ditindaklajuti oleh para instruktur dengan membentuk kelas diskusi antar peserta Diklat dengan mengetengahkan isu-isu terhangat menyangkut persoalan lembaga keuangan syariah saat ini. Diskusi berlangsung alot selama lebih kurang satu setengah jam menjelang masuk materi selanjutnya.

Setelah istirahat sholat dan makan siang bersama, acara kemudian dilanjutkan lagi dengan materi tentang “Kiat-kiat menulis karya tulis ilmiah” yang disampaikan oleh Bapak Aidil Novia, MA, beliau adalah dosen fakultas Syariah dan sekaligus adalah pembimbing KSEI Iqtishad Institute IAIN Imam Bonjol Padang. Setelah penyampaian materi oleh Bapak Aidil Novia, MA, kemudian acara dilanjutkan dengan materi tentang “Zakat Solusi Kemiskinan” yang disampaikan oleh Direktur BAZDA Kota Padang, Bapak H. Maigus Nasir, S.Pd. materi yang disampaikan oleh Bapak H. Maigus Nasir, SPd ini sekaligus sebagai materi penutup DEI kelima pada hari kedua.

Pada hari ketiga pelaksanaan DEI kelima KSEI Iqtishad Institute, materi-materi yang disuguhkan pada peserta lebih diarahkan kepada pembentukan kepribadian dan karakter para peserta serta pengenalan secara mendalam tentang KSEI dan FoSSEI. Sama seperti hari kedua, acara dimulai tetap pukul 08.00 WIB dengan materi pertama “SDM Ekonomi Islam Menghadapi Globalisasi” yang disampaikan oleh Bapak Testru Hendra, M.Ag, dosen fakultas Syariah IAIN Imam Bonjol Padang. Selanjutnya dilanjutkan dengan materi “Forum Lidearship KSEI” yang disampaikan oleh Mulyadi, A.Md.

Setelah Istirahat shalat dan makan siang kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi “Komunikasi Efektif” yang disampaikan oleh Bapak Welhendra, SE.,MM,Ak, beliau adalah dosen Fakultas Syariah. Selanjutnya dilanjukan dengan “Pengenalan FoSSEI” oleh komsat sumatera Barat, saudara Kuliman Harahap dan disambung dengan “Pengenalan KSEI berikut rancangan kegiatan enam bulan ke depan” kepada seluruh peserta yang disampaikan langsung oleh Presiden KSEI Iqtishad Institute IAIN Imam Bonjol Padang, saudara Yusuf Faisal.

Setelah semua materi disampaikan dan disambut dengan sangat antusias oleh seluruh , kemudian acara dilanjutkan dengan pengumuman peserta yang lulus kegiatan Diklat Ekonomi Islam (DEI) kelima dan resmi menjadi anggota KSEI Iqtishad Institute IAIN Imam Bonjol Padang. Dengan demikian resmilah KSEI Iqtishad Institute IAIN Imam Bonjol Padang memiliki anggota baru sebanyak 43 orang. Kemudian acara ditutup secara resmi oleh Komsat FoSSEI Sumatera Barat, Akhina Kuliman Harahap tepat pada pukul 17.40 WIB. Setelah penutupan dilanjutkan dengan sesi foto bersama peserta dan panitia serta pengurus harian KSEI.

Acara yang dilangsungkan selama tiga hari yang bertempat di gedung empat fakultas Syariah IAIN Imam Bonjol Padang berjalan cukup lancar. Acara ini dipersiapakan oleh lebih kurang 20 (dua puluh) orang panitia dibawah komando Saudara Diki Afriyeni selaku ketua panitia serta dibantu oleh 4 (empat) orang Steering Comitte (SC).

Demikianlah realis kegiatan Diklat Ekonomi Islam (DEI) kelima KSEI Iqtishad Institute IAIN Imam Bonjol Padang ini kami susun. Untuk dapat kita pergunakan sebagaimana mestinya. Terakhir, kami selaku panitia mohon maaf atas segala kesalahan dan kekurangan karena kami adalah manusia biasa yang tak luput dari salah dan lupa. Fastabiqul Khairat, Salam Ekonom rabbani…

*) created by: MOT DEI V KSEI Iqtishad Institute IAIN Imam Bonjol Padang

0 komentar: